Senin, 13 Juni 2016

INTERNASIONAL OFFICE UINSA AJAK MAHASISWA ASING BELAJAR BUDAYA INDONESIA



UINSA Newsroom, Minggu (29/05/2016); Menetap dan mencari ilmu di negara lain merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa asing. Terlebih bagi mereka yang memilih Indonesia sebagai destinasi pendidikannya. Tantangan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar semakin bertambah, mengingat Indonesia merupakan negara multikultural, yang memiliki berbagai macam kebudayaaan. Berangkat dari hal tersebut, International Office (IO) yang merupakan pusat layanan bagi mahasiswa asing UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan Program Pelatihan International Student: Culture, Nature and Team Building Camp dalam rangka memperkenalkan berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia. Program tersebut diadakan di Resort Kaliandra, Jumat-Sabtu, 27-28 Mei 2016. Diikuti sebanyak 130 mahasiswa asing, yang terdiri dari 121 mahasiswa berkebangsaan Malaysia dan 9 mahasiswa dari Thailand.

Diantara rangkaian kegiatan dalam program pelatihan tersebut, seperti: pengenalan wayang suket dan batik tulis sekaligus proses pembuatannya, memainkan gamelan, pembekalan materi dari Dr. H. Jainudin, M.Si, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya mengenai bahasa sebagai alat menyesuaikan diri, pemaparan filosofi nasi tumpeng, unjuk bakat melalui kegiatan talent event, dan ditutup dengan kegiatan rafting.

Dr. H. Jainudin dalam kesempatan tersebut menjelaskan, bahasa merupakan sebuah alat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, “Kalau kalian tinggal di Turki, harus belajar Bahasa Turki. Kalau tinggal di Malaysia, juga harus belajar Bahasa Malaysia. Begitu juga saat kalian tinggal di Indonesia. Agar kalian bisa belajar dan menyesuaikan diri dengan baik,” tuturnya.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya diadakan Pusat Layanan IO. Mewakili Ahmad Fathan Aniq, MA., Ketua Pusat Layanan IO yang berhalangan hadir, Istofatillaili Devinta, S.Kom.I menyampaikan, bahwa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar merupakan hal yang sangat penting, “Program pelatihan ini diadakan agar mahasiswa asing UIN Sunan Ampel Surabaya dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggal mereka dengan baik,” ucapnya.

 “Semoga untuk mahasiswa asing, khususnya mereka yang tinggal di Jawa Timur, dapat mengerti berbagai macam bahasa dan kebudayaan yang ada disekitarnya, paling tidak, mereka mengetahui,” imbuh Staff IO tersebut.

Selain untuk pusat pelayanan mahasiswa asing, Pusat Layanan IO juga memberikan pelayanan lain, seperti pembelajaran Bahasa Indonesia, pengurusan visa, dan keterangan izin tinggal terbatas (Kitas) mahasiswa asing. Termasuk juga membuka layanan untuk mahasiswa dan dosen Indonesia yang ada di UIN Sunan Ampel Surabaya, dalam hal pembiayaan kepada mereka yang memiliki prestasi untuk ke luar negeri. (Rag/Humas)

Referensi: http://www.uinsby.ac.id/news/id/12521/internasional-office-uinsa-ajak-mahasiswa-asing-belajar-budaya-indonesia

0 komentar:

Posting Komentar