Senin, 13 Juni 2016

41TH ANNUAL MEETING ISLAMIC DEVELOPMENT BANK


UINSA Newsroom, Jumat (20/05/2016); Indonesia menjadi tuan rumah Sidang Tahunan (ST) Islamic Development Bank (IDB) ke-41 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 15-19 Mei 2016. Lebih dari 1500 peserta perwakilan dari 56 negara berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Selain acara utama yakni  Pertemuan Dewan Direksi dan pertemuan Dewan Gubernur yang pada 17-19 Mei 2016, kegiatan ini juga diramaikan acara pendukung (side event) dan acara pameran (exibition). Side event diisi dengan seminar dan presentasi dari mitra IDB yang telah melaksanakan program pengembangan dan inovasi. Seperti pembangunan infrastruktur, Sharing knowledge, cerita sukses maupun lessson learned dari pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang.


Sedangkan pameran sendiri dibuka secara resmi pada tanggal 16 Mei 2016 pukul 10.00 WIB oleh presiden IDB Dr Ahmad Mohamed Ali Al Madani. didampingi Menteri Keuangan RI Bapak Bambang P.S. Brodjonegoro, yang sekaligus Ketua Dewan Gubernur IDB.


UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai salah mitra kerjasama IDB turut  berpartisipasi dalam event ST IDB kali ini. Salah satunya dengan menjadi peserta  dalam pameran yang berlangsung selama lima hari (15-19 Mei 2016). Pameran ini mengusung tiga buah tema besar yaitu inovasi, pembangunan infrastruktur dan keuangan inklusif. Layout area booth pameran diatur secara tematik juga disesuaikan dengan ketiga tema diatas.


Delegasi UIN Sunan Ampel Surabaya menempati area tematik pembangunan infrastruktur bersama dengan institusi-institusi lain yang telah maupun sedang bermitra dengan IDB dalam pengembangan institusi dalam hal pembangunan infrastruktur. Booth UIN Sunan Ampel Surabaya menampilkan proses pembangunan gedung Twin Towers hingga peresmian dalam rangkaian kegiatan UINSA EMAS. Termasuk gambar Gedung Fakultas Tarbiyah, Gedung Fakultas Syariah, Laboratorium, dan Gedung Multi Purpose yang dirangkai dalam sebuah mini klip. Mini klip yang diputar tersebut cukup menarik pengunjung untuk bertanya dan berdiskusi tentang pengembangan institusi melalui pembangunan insfrastruktur.


Tidak ketinggalan, dipamerkan pula produk-produk pengetahuan yang dihasilkan dari civitas akademika UIN Sunan Ampel. Seperti Jurnal JOURNAL OF INDONESIAN ISLAM yang beberapa bulan lalu resmi terindeks scopus, Jurnal Teosofi yang telah terakreditasi Nasional, buku KKN ABCD yang digunakan dalam kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa, dan buku-buku ajar yang telah dikembangkan dengan dukungan IDB.


“Cukup banyak pengunjung yang tertarik dengan bertanya tentang jurnal dan buku yang dipamerkan baik pengunjung lokal maupun pengunjung dari delegasi luar negeri,” terang Devinta, Delegasi UIN sunan Ampel Surabaya.


Selain itu, stan pameran UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi salah satu destinasi yang secara khusus dikunjungi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anis Baswedan, Direktur Pinjaman dan Hibah Kementrian Keuangan RI, Ayu Sukorini, S.E., M.A., dan Dr. Muhammad Syafi’i Antonio, Mec., Tokoh Keuangan dan Perbankan Syariah Indonesia. (Humas)

Referensi:http://www.uinsby.ac.id/news/id/12518/41th-annual-meeting-islamic-development-bank

0 komentar:

Posting Komentar