Minggu, 20 Maret 2016

Sayangi Jantungmu dengan Mendaki


Akhir-akhir ini kegiatan pencinta alam termasuk mendaki gunung sedang hangat-hangat nya. Bagaimana tidak, dari kalangan remaja hingga orang dewasa bisa menjajal adrenalinnya dengan mendaki gunung. Banyak pula foto yang bertemakan gunung dan pepohonan rindang di berbagai media sosial, baik Instagram, BBM, WA, Line dan lain sebagainya.

Tidak dipungkiri lagi, kegiatan mendaki seakan menjadi rutinitas disetiap kali liburan datang. Mereka berbondong-bondong membawa sanak family ataupun teman sebayanya untuk diajak menajajal kegiatan pendakian. Banyak juga komunitas-komunitas yang khusus berkegiatan di bidang ini. Padahal tidak mudah untuk melakukan kegiatan ini, butuh persiapan-persiapan yang harus dipenuhi sebelum memulai melakukan pendakian.

Keindahan gunung dan makhuk di dalamnya, adalah alas an mengapa sebagian orang telah jatuh cinta, sampai-sampai ketagihan untuk mengulanginya yang ke sekian kali. Padahal dibalik keindahan itu, ada pula resiko yang ditanggung para pendaki, seperti tersasar dan jatuh kejurang, cedera dan lain sebagainya. Sudah banyak kejadian yang membuktikan itu, cuman masih saja banyak penikmat pendakian yang enggan meninggalkan Kegiatan ekstrim ini.

Sebenarnya apa yang membuat mereka enggan meninggalkan kegiatan ekstrim ini ? Pertanyaan ini akan bisa terjawab, jika kita melihat aspek positif yang terkandung didalam kegiatan pendakian. Yang belum banyak orang sadar saat melakukan kegiatan ini. Ternyata, mendaki gunung dapat membuat jantung kita sehat.
Apa sebabnya ?

  1.   Meningkatkan kapasitas kerja jantung

Mendaki gunung memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat kesehatan dari mendaki gunung adalah dapat meningkatkan kapasitas kerja dari jantung dan paru-paru. Dengan kata lain, mendaki gunung dapat memperkuat jantung dan paru-paru kita. Hal ini disebabkan oleh kegiatan mendaki gunung yang membutuhkan tenaga yang besar, yang akan membentuk kekuatan dari jantung dan paru-paru. Dengan meningkatnya kapasitas kerja dari organ tersebut, maka anda akan :
  • Memperkecil resiko serangan jantung dan stroke
  • Mengoptimalkan supali oksigen dan peredaran darah
  • Terhindar dari berbagai macam penyakit

22.  Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Hiking merupakan salah satu bentuk latihan kardiovaskular untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan jantung seseorang. Penelitian telah lama menunjukkan bahwa olahraga teratur, terutama berjalan kaki dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, hiking meningkatkan jumlah “kolesterol baik” dalam tubuh anda. Kolesterol baik berfungsi untuk menjaga kolesterol berbahaya dari arteri anda.

Jantung adalah organ tubuh manusia paling fital, yang harus dijaga. Oleh karena itu sebisa mungkin kita menghidarkan diri dari ancaman kerusakan jantung pada tubuh kita. Nah, salah satunya adalah dengan mendaki. Selain membuat tubuh kita sehat, mendaki juga dapat merilekskan otak dan membuat hati merasa bahagia.


Karena suasana gunung yang damai dan asri. Tidak seperti perkotaan, yang bising oleh aktivitas jalanan, tidak pula ramai seperti di pasar. Disana kita akan merasa tenang, dan segala fikiran negatif akan hilang berganti dengan hal-hal yang positif. Maka, cobalah mendaki, bukan untuk sekedar berfoto. Tapi cobalah agar jantung mu sehat dan hidup mu semakin bahagia.

Penulis : Zain

0 komentar:

Posting Komentar